Jadwal Makan Yang Tepat

Sarapan di Jam 6.00 – 9.45 Pagi

sarapan memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan. Menurut data para peneliti  sarapan setiap hari akan lebih berhasil menurunkan berat badan.

Mereka yang mengonsumsi sarapan yang kaya akan protein antara jam 6.00 sampai 9.45 pagi dapat menurunkan risiko penimbunan lemak di dalam tubuh dan akan terhindar dari rasa lapar sampai menjelang makan siang.

Dokter Jim White dari Academy of Nutrition and Dietics, Chicago, Amerika Serikat, menyarankan agar sarapan 1 jam setelah bangun tidur.

Hal itu dilakukan karena tubuh dalam kondisi berpuasa selama tidur.Ia juga menyarankan agar kita mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat, seperti oatmeal, yang dapat memberikan energi untuk tubuh Anda.

Makan Siang Sebelum Jam 3 Sore

Waktu makan siang di jama ini terbukti lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Di dalam sebuah jurnal berjudul “The American Journal of Clinical Nutrition” yang diterbitkan pada 2013 terdapat sebuah hasil pengamatan pada 1.300 orang yang sedang berdiet.

Selama 28 minggu, mereka makan siang sebelum jam 3 sore. Hasilnya, orang-orang ini kehilangan 25 persen lemak di tubuh mereka.

Snack Sore, 2-4 Jam Setelah Makan Siang

Jika mau, Anda bisa memiliki waktu untuk menyantap snack sore.Waktu 2 sampai 4 jam adalah jeda yang cukup untuk mencerna dan menyerap makanan yang kaliankonsumsi saat makan siang.

Selain itu, menyantap snack sore dapat menjaga tekanan gula darah dan mencegah makan malam yang terlalu banyak.Tapi camilan yang dimakan tidak boleh sembarangan.

Kalian bisa mengkonsumsi buah, sayur, atau plain yogurt sebagai menu snack sore.

Makan Malam di Jam 6.00 Sore Sampai 9.00 Malam

Sebuah penelitian yang dilakukan di Brigham Young Univeristy, Amerika Serikat, mengamati pola makan 29 mahasiswa.

Mereka diminta untuk tidak mengunjungi dapur asrama di atas jam 7 malam.

Selang 2 minggu kemudian, mereka kembali dibebaskan untuk makan malam kapan saja.

Hasilnya, mereka makan makanan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit akibat terbiasa tidak makan apa pun setelah jam 7 malam.

Studi lain pun menemukan hasil yang kurang lebih sama.

Orang-orang yang biasa mengonsumsi makanan antara jam 6 sore hingga tengah malam lalu mengubah kebiasaannya dengan berhenti makan antara jam 7 sampai 9 malam.

Mereka pun berhasil menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, tidur mereka pun menjadi lebih nyenyak.

Jika dikarenakan satu dan lain hal jadwal makan di atas tidak bisa kalian ikuti, jangan khawatir.

Kalian masih bisa menjalankan diet sehat dengan memerhatikan jenis makanan yang dimakan.

Dan ingat, makanlah di saat kalian memang merasa lapar lalu berhenti makan ketika kalian merasa cukup bukan kenyang yang berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *