Berhenti Begadang Sebelum Terlambat

Pada dasarnya orang dewasa memerlukan waktu tidur selama 7-8 jam tiap malam supaya tubuh tetap bugar dan tubuh menjadi optimal. Sementara untuk anak-anak dan remaja, kebutuhan tidur mereka lebih setengah jam hingga satu jam di atas waktu tidur normal orang dewasa.

Jangan acuhkan kebiasaan kurang tidur, karena tidur memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Saat tidur tubuh secara tidak langsung merawat kesehatan fisik dan mental kamu loh,  Tidur memiliki peranan penting untuk membantu kamu mendapat kesegaran saat bangun sehingga menjadikan kamu siap menjalani aktivitas sehari-hari.

Tidur juga ikut berperan dalam proses pertumbuhan bagi anak dan remaja, karena pada saat tidur hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Bila kamu mengalami kebiasaan kurang tidur, akan merasakan beberapa akibat kurang tidur yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini 4 hal yang bisa terjadi bila kamu mengalami kebiasaan kurang tidur.


1. Jantung terganggu

Waktu tidur yang kurang efektif akan berpengaruh pada kesehatan. Jika waktu tidur kamu kurang dari lima jam atau lebih dari sembilan jam, masing-masing, telah terbukti memiliki dampak negatif pada kesehatan. Kamu juga memiliki kemungkinan peningkatan penyakit jantung koroner atau mengalami stroke jika kurang tidur.

2. Risiko Kanker

Nah buat kaum hawa bisa saja rentan terkena kanker payudara, tidak hanya itu tapi bisa juga untuk memicu kanker yang lain seperti kanker usus besar dan kanker prostat. Pekerja yang terbiasa bekerja semalaman mungkin juga menderita risiko kanker yang lebih tinggi.

3. Pelupa

Kurang tidur bisa membuat bisa membuatmu lebih pelupa. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tidur memiliki dampak pada pembelajaran dan ingatan. Tidur sangat penting untuk mengkonsolidasikan hal-hal yang kita pelajari di otak. Jadi, istirahat yang tepat diperlukan untuk mengunci informasi baru di otak.

4. Cepat tua/keriput

Kurang tidur juga berpengaruh pada kulit dan bisa membuat kamu terlihat berumur lebih tua di usia muda, seperti sebuah penelitian menyebutkan. Hal ini menyebabkan garis-garis halus, keriput, warna kulit tidak rata dan ditandai kelonggaran kulit.

So, biasakanlah untuk tidur dengan waktu yang cukup agar kamu memiliki kualitas kesehatan yang bagus pada tubuh.jangan sampai hanya karena kurang tidur kesehatan mu menjadi buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *